Return to site

Makanan Untuk Penderita Mata Kering

Yang Bisa Anda Konsumsi

Memiliki keluhan terdapat mata kering ? Selain mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi Obat Mata Kering, anda juga bisa membarenginya dengan rutin pula mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk penderita mata kering yang bisa anda coba.

Penasaran, ingin tahu apa saja makanan yang termasuk ke dalam daftar makanan yang baik untuk penderita mata kering tersebut ? Silakan di simak informasinya dalam artikel ini !

broken image

Berbicara mata kering adalah suatu kondisi dimana mata kering yang diakibatkan oleh tidak stabilnya kelenjar air mata memproduksi air mata yang sejatinya berfungsi untuk menjaga kelembpan mata secara alami.

 

Pada umumnya mata kering sangat menganggu aktivitas keseharian dan berikut ini ada beberapa kondisi yang bisa ditimbulkan saat terjadi mata kering diantaranya :

  • Mata lelah dan berair
  • Mata perih dan panas
  • Seringnya muncul kotoran pada ujung mata
  • Mata lebih sensitif
  • Iritasi mata yang menyebabkan mata menjadi merah
  • Rasa gatal dan seperti adanya ganjalan di sekitar mata

Biasanya gejala tersebut akan semakin parah menjadi peradangan atau infeksi jika tidak ditangani dengan cepat. Meskipun mata kering tidak membutuhkan tindakan yang serius dalam penanganan, namun tetap berakibat fatal jika salah dalam mengambil tindakan.

 

Dimana salah satu tindakan yang bisa anda lakukan agar mata kering ini tidak menimbulkan keparahan adalah anda harus tetap memenuhi nutrisi, salah satunya dalam makanan.

 

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, bahwa disini kami akan memberikan anda informasi mengenai makanan untuk penderita mata kering. Silakan di simak informasinya di bawah ini !

Makanan Untuk Penderita Mata Kering

Berikut ini ada beberapa makanan dengan kandungan gizi yang tepat dalam mengobati mata kering agar bisa meningkatkan produksi air mata tersebut, dimana kandungan tersebut diantaranya :

broken image
  • ASAM LEMAK OMEGA-3

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada jenis makanan seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, ikan teri, minyak ikan, kacang kedelai, sayuran hijau dan berdaun, kacang-kacangan dan biji-bijian dipercaya mampu mengatasi mata kering.

  • KALIUM

Kalium adalah nutrisi untuk mata yang sangat penting untuk dipenuhi, karena mengingat kekurangan kalium bisa menyebabkan mata menjadi kering. Maka untuk itu agar mata tidak cepat kering, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung kalium seperti kacang almond, pisang, kismis, kurma dan alpukat.

  • VITAMIN C

Mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin C terbukti bisa melancarkan kerja pembuluh darah pada mata dan membantu mengobati mata kering. Dimana anda bisa mendapatkan sumber vitamin C yang baik dari jeruk, bayam, tomat, pisang, apel dan anggur.

  • LUTEIN dan ZEAXANTHIN

Dimana lutein dan zeaxanthin termasuk antioksidan yang bisa mencegah penyakit mata kronis dan bisa membantu mengatasi maka kering, makanan yang mengandung kandungan tersebut diantaranya telur, brokoli, kubis, jagung dan bayam.

  • ZINC

Sebenarnya belum banyak yang tahu bahwa zinc bisa membantu mata untuk mendapatkan vitamin A yang kemudian digunakan untuk pembentukan melanin mata, termasuk mampu mengatasi mata kering.

  • VITAMIN E

Bagi anda yang tidak mau mengidap mata kering, ada baiknya anda mengkonsumsi mkanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan dan ubi-ubian.

Nah itulah beberapa kandungan yang ada di dalam jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh penderita mata kering, agar kondisi mata kering yang di deritanya tidak menimbulkan keparahan.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.