Return to site

Apakah Sakit Mata Bisa Menular Lewat Tatapan ?

Lihat Dibawah Ini Jawabannya !

Banyak sekali diantara mereka yang menderita sakit mata menanyakan perihal mengenai apakah sakit mata bisa menular lewat tatapan ? Untuk mengetahui akan jawabannya, bisa anda simak artikel ini sampai selesai.

Mata merupakan salah satu inder yang memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk melihat, jika indera penglihatan ini sakit maka aktivitas anda akan sangat terganggu.

Lalu, Apakah Sakit Mata Bisa Menular Lewat Tatapan ?

Pada umumnya, sakit mata maupun mata merah merupakan tanda dari konjungtivitas. Konjungtivitis sendiri adalah kondisi dimana adanya peradangan maupun infeksi pada membran tranparan (konjungtiva) yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih bola mata, hal tersebutlah yang membuat mata menjadi merah.

Infeksi mata biasanya bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti virus, bakteri, alergi hingga masuknya zat asing ke mata. Namun yang harus anda di ingat, bukan berarti anda harus menjauhi penderita sakit mata.

Hal tersebut, karena sakit mata merah tidak menular langsung dari kontak mata dengan penderita, melainkan berasal dari kebersihan diri yang kurang terjaga.

Menurut seorang dokter mata dan bedah retina di RS PGI Cikini, dr. Gilbert WS Simanjuntak, Sp.M(K) mengatakan bahwa sebenarnya kunci dari kesehatan mata dan tubuh adalah kebersihan.

Jika benar sakit mata menular melalui pandangan, maka seharusnya ia akan sering terpapar karena berhadapan langsung dengan pasien yang menderita sakit mata.

Apalagi, hal ini juga diperkuat dengan pernyataan dari Dr. Jill Swatz, seorang dokter di Go Healt Urgent Care yang mengatakan bahwa sakit mata menular karena penderita sakit mata menyentuh matanya sendiri, kemudian bersentuhan dengan orang lain sehingga infeksi virus atau bakteri yang akan dengan cepat berpindah ke orang lain.

Informasi Cara Mencegah Penularan Mata Merah ?

Mengingat bahwa penularan mata merah ini diseabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan diri, maka berikut ini ada beberapa cara pencegahan mata merah yang bisa anda lakukan diantaranya :

  • Hindari berbagai barang pribadi seperti handuk mandi dengan orang lain
  • Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kacamata
  • Jangan sentuh mata menggunakan tangan secara langsugn, apalagi menguceknya
  • Bagi penderita mata merah, sebaiknya singkirkan terlebih dahulu produk kosmetik terutama yang bisa bersentuhan dengan mata
  • Gunakan selalu kacamata renang setiap kali berenang dan sebaiknya tidak berenang terlebih dahulu bila anda memiliki infeksi mata
  • Selalu mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah memegang sesuatu 
  • Selalu lepaskan lensa kontak di malam hari dan ikuti petunjuk penggunaan kebersihan lensa
  • Hindari berbagi kosmetik, lensa kontak ataupun barang perawatan mata pribadi

Terimakasih atas kunjungan dan telah menyimak artikel sederhana ini, semoga pertanyaan yang anda lontarkan diatas tadi terjawab dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

Sponsor by :

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly